Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Yakin komputer mu telah optimal?


Kita mungkin sudah tak asing lagi dengan trik mengoptimalkan PC yang sudah berkali-kali di tulis internet. Lalu, apa sekarang PC mu sudah Optimal dan kencang?

Sebelumnya, Penyebab PC kurang Optimal di sebabkan oleh beragam hal. Bisa jadi karena Hardware yang ga seimbang. Contohnya, menggunakan 64bit pada spek rendah. Bisa jadi karena Driver yang tidak lengkap. Dan terakhir bisa jadi karena Sofware.

Dari hasil analisa saya sebagai pemula, banyak orang menyepelekan sofware. Buktinya banyak yang instal ini-itu tapi ga tahu kegunaannya (yang penting desktopnya rame).

Mungkin tak jarang dari kita yang menemukan sebuah perangkat yang memiliki 2, 3 bahkan 4 Antivirus. Begitu juga dengan penampil multimedianya. Dan belum lagi sofware-sofware yang lainnya. Dengan begini, mana mungkin PC mu akan Optimal.

Ini lah cara saya dalam mengoptimalkan perangkat yang saya miliki khususnya dalam hal sofware karena saya berpikir hal ini lah yang paling sering di lupakan oleh pengguna komputer kebanyakan.


Antivirus

Jika kita menggunakan Antivirus, sebaiknya cukup miliki satu antivirus asal selalu update.

Untuk pengguna windows 7 saya sarankan untuk menggunakan MSE (Microsoft Security Essentials). Antivirus ini memang gratis, namun kinerjanya boleh di adu dengan Antivirus berbayar lainnya. Proteksi juga termasuk untuk melindungi PC dari serangan virus yang ada pada Flashdisk dan penyimpanan lain yang terkait. Hal ini tentu saja bekerja sesuai harapan jika Antivirus ini selalu di Update.

Spek untuk MSE juga ga harus High-End. MSE bisa di gunakan pada Windows XP Service Pack 3 (SP3), Windows Vista (Service Pack 1 atau Service Pack 2) dan Windows 7. MSE hanya butuh prosessor dengan kecepatan 500 MHz atau lebih dan RAM 256 MB atau lebih. MSE bekerja pada resolusi 800×600 dan HDD 200 MB. Khusus Windows 7, MSE butuh prosessor dengan kecepatan 1.0 GHz atau lebih dan RAM 1 GB atau lebih

Untuk pengguna Windows 8, kamu ga perlu instal Antivirus lainnya karena Windows defender saya pikir sudah lebih dari cukup. Buktinya, 2 tahun memakai Windows defender, PC saya tetap baik-baik aja. Jadi saya pikir Antivirus lain juga tidak di butuhkan.

Pertanyaan yang paling sering saya dengar tentang Antivirus adalah. "Anti virus saya sudah Update, tapi kenapa masih terserang Virus?" Padahal jawabannya cukup gampang. Virus itu di buat dulu, kemudian baru ada penangkalnya. Jadi Antivirus seperti apapun, ga bakal bisa ngejamin kalau PC mu benar-benar aman dari serangan Virus. Jadi, untuk apa pake Antivirus banyak-banyak? Tuh, kuncinya adalah tetap update agar mendapat perlindungan versi terbaru.

Sedikit tentang Virus, Perlu kamu ketahui, Virus bukanlah masalah baru karena Virus sudah di ciptakan semenjak Komputer pertama di ciptakan. Terlebih Virus sekarang sebagian besar di buat oleh pembuat Antivirus. Tujuannya ya agar Antivirusnya laku. Untuk mengelabui, Tutorial membuat Virus di edarkan. Nah, ntar tinggal Nubita-nubita yang lagi nyari jati diri buat nerusinnya. Sebuah kebanggaan bagi mereka jika bisa membuat Virus apa lagi Virus yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi.


Pemutar MP3

Memang ini tergantung pada selera pengguna juga sih. Namun saya pikir, memiliki Pemutar Mp3 3-4 bahkan 5 ini hanya percuma dan hanya buang-buang resouce komputer aja. Jika yang mau di mainkan itu cuma file MP3, kalau cara paling hemat sih, cukup ngandelin Windows Media Player (WMP). Yah, memang UI dan Settingan tingkat lanjut ga menjanjikan tapi saya pikir ini lebih dari cukup karena mempunyai pemutar yang memiliki settingan beragam juga ga bakal jamin kalau keluaran MP3nya bagus karena keahlian mu dalam mengolah settingannya akan di pertanyakan disini.

Jika kamu pengguna Windows 7 dan kurang puas dengan WMP, silahkan coba pemutar musik pihak ketiga, Namun saya sarankan, cukup miliki satu saja.

Jika kamu pengguna Windows 8 dan file Audio yang akan diputar hanya dalam format Mp3, cukup gunakan pemutar musik yang ada pada Startscreen. Meskipun minim setinggan, namun keluaran suaranya saya pikir cukup jernih dan memuaskan. Silahkan bandingkan sendiri.


Pemutar Video

Ini salah satu Sofware yang selalu di abaikan pengguna. Pernah saya menemukan 3-4 pemutar video dalam satu perangkat. Lalu ini untuk apa? Ya jawabannya ya seperti yang saya tulis di atas, biar Desktop terlihat rame dan biar di bilang keren. :D

Kalau menurut saya Windows Media Player sudah cukup, jika kamu ragu file apa saja yang bisa di mainkan di WMP, lihat tabel di bawah ini,

File extension WMP-12 WMP-11 WMP-10 WMP-9® WMP-XP WMP-7
Windows Media formats (.asf, .wma, .wmv, .wm)YaYaYaYaYaYa
Windows Media Metafiles (.asx, .wax, .wvx, .wmx)YaYaYaYaYaYa
Windows Media Metafiles (.wpl)YaYaYaYaTidakTidak
Microsoft Digital Video Recording (.dvr-ms)YaTidakTidakTidakYaTidak
Windows Media Download Package (.wmd)YaYaYaYaYaYa
Audio Visual Interleave (.avi)YaYaYaYaYaYa
Moving Pictures Experts Group (.mpg, .mpeg, .m1v, .mp2, .mp3, .mpa, .mpe, .m3u)YaYaYaYaYaYa
Musical Instrument Digital Interface (.mid, .midi, .rmi)YaYaYaYaYaYa
Audio Interchange File Format (.aif, .aifc, .aiff)YaYaYaYaYaYa
Sun Microsystems and NeXT (.au, .snd)YaYaYaYaYaYa
Audio for Windows (.wav)YaYaYaYaYaYa
CD Audio Track (.cda)YaYaYaYaYaYa
Indeo Video Technology (.ivf)YaYaYaTidakYaYa
Windows Media Player Skins (.wmz, .wms)YaYaYaYaYaYa
QuickTime Movie file (.mov)YaTidakTidakTidakTidakTidak
MP4 Audio file (.m4a)YaTidakTidakTidakTidakTidak
MP4 Video file (.mp4, .m4v, .mp4v, .3g2, .3gp2, .3gp, .3gpp)YaTidakTidakTidakTidakTidak
Windows audio file (.aac, .adt, .adts)YaTidakTidakTidakTidakTidak
MPEG-2 TS Video file (.m2ts)YaTidakTidakTidakTidakTidak

Memang format .flv belum di dukung, namun solusinya dapat kamu temukan Di sini.

Jadi Intinya, Windows Media Player sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk sebuah kemampuan Multimedia.


Browser dan Download manager

Tak jarang kita menemukan sebuah perangkat dengan beragam Browser dan Download manager. Saran saya, cukup gunakan yang di perlukan saja meskipun spek kita di atas Rata-rata.


Penampil foto

Untuk menampilkan foto dalam format standar, kita sebenarnya tidak perlu menginstal sofware pihak ketiga. Karena dengan penampil foto yang telah tersedia, saya pikir itu sudah cukup. Memang penampil foto Windows belum mendukung file animasi (gif), namun solusinya, kamu dapat menampilkan file gif di windows menggunakan Internet Explorer sebagai penampilnya.


Penampil PDF

Ini tidak perlu saya uraikan lebih jauh karena kamu dapat menyimak metode hematnya Di sini.


Peralatan lain

Sofware lain yang saya gunakan adalah Revo Uninstaller. Sofware ini benar-benar tangguh dalam meng-Uninstal sebuah sofware hingga ke registry sofware tersebut.

Selanjutnya CCleaner. Ini saya gunakan buat bersih-bersih termasuk membersihkan Registry usang.

Untuk Auto-start, Saya mengkombinasikan Revo Uninstaller dan CCleaner. Dan CCleaner bisa di gunakan untuk menonaktifkan Auto-start tersembunyi yang dapat kamu temukan pada tab Tugas tejadwal » Mode lanjutan. Namun saya sarankan untuk berhati-hati dalam menonaktifkan autostart yang tersedia disini.


Windows 8

Memang Windows 8 adalah OS yang bisa di bilang masih baru meskipun sudah cukup lama dirilis, namun bagi sebagian orang, ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena perangkatnya bisa menjalankan OS tersebut.

Maka tak jarang kita melihat ada pengguna yang mengunduh hampir semua metro app yang tersedia di store untuk di tampilkan di starscreen. Tujuannya? ya kamu jawab aja sendiri.

Sebenarnya hal ini tak perlu di lakukan. Silahkan download asal sesuai kebutuhan.


Auto-update

Seperti yang kita tahu, Auto-update (misalnya update Windows dan lain-lain) selalu membuat perangkat melambat. Mau tidak mau, kita harus menon-aktifkannya. Namun update sebaiknya tetap harus di periksa secara berkala karena kita bisa saja melewatkan perbaikan terbaru yang tersedia.

Nah itu lah salah satu pengalaman cara membuat PC lebih Optimal versi saya. Sebaiknya Lupakan Kata "keren", Biar Desktop rame dan lain-lain. Sebenarnya, Low spek tapi Optimal, ini lah yang di bilang keren sebenarnya. Intinya, Jika ingin menginstal sebuah sofware, pastikan kita tahu fungsi dan kegunaannya. Jadi, Jika Ingin mencoba silahkan dan lihat hasilnya.

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.