Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Membuat kode warna yang lebih spesifik di blog


Warna tentu sangat berperan penting dalam mempercantik tampilan atau mengindikasikan sesuatu pada blog. Seperti yang kita tahu, warna yang paling sering dan umum di gunakan adalah Hex (misalnya: #FFFFFF untuk warna putih) dan Nama warna (misalnya: white untuk warna putih). Selain itu juga ada RGB (misalnya: rgb(255,255,255) untuk warna putih). Lalu manakah yang paling sering kamu gunakan?

Kalau saya lebih memilih RGB meskipun belum bisa menerapkan sepenuhnya pada blog ini. Walau terkesan agak "ribet", namun RGB punya kemampuan lebih di banding HEX dan Nama Warna. Tapi tentu saja hal ini akan terasa jika RGB ditulis dengan kode RGBA (Red Green Blue Alpha) misalnya: rgb(255,255,255) untuk warna putih. Keterangan, R=255 (red/merah), G=255 (green/hijau), B=255 (blue/biru). Jadi jika di tambah Alpha (a), kita bisa menentukan berapa kadar warna yang akan di gunakan. misalnya: rgba(255,255,255,0). Kalau penulisannya seperti ini sudah pasti ini warna transparan karena Alpha (a) di set ke nol. contohnya lagi rgba(255,255,255,0.1). Jika penulisannya seperti ini, sudah pasti akan warna yang akan tampil adalah putih transparan. Semakin besar nilai yang di berikan pada Alpha (a) maka warna tersebut akan mengikuti nilai tersebut.

INFORMASI !!!

Perlu di catat sebelumnya. Warna transparan bisa dibuat dengan menambahkan kode "transparent" pada CSS. Namun hal ini tentu tidak akan berlaku untuk semua elemen. Contoh untuk latar swf dan lain sebagainya.

Tak sampai di situ, nilai Alpha (a) juga bisa di set antara 0 dan 1 misalnya: 0.1 atau 0.01 dan lain-lain. Contoh: rgba(255,255,255,0.01).

Jika kamu ragu, untuk mencari kode RGB dari sebuah warna, kamu bisa cek di Postingan Ini.

Namun jika ingin menemukan kode RGB yang baru, silahkan coba Tool Ini. Tool ini mampu mengkonversi Hex ke RGB atau RGB ke Hex.

PENGGUNAAN !!!


Cara menggunakan tool ini sangat mudah. Jika kamu hanya punya kode hex warna (misalnya: #FFFFFF untuk warna putih), ketik FFF atau #FFF atau #FFFFFF pada kolom hex yang telah di sediakan, nanti akan ada hasil konversi hex tersebut kedalam nilai RGB. Begitu juga sebaliknya. Jika kamu hanya punya kode RGB dan ingin tahu kode hexnya, tinggal tulis kode RGB tersebut pada kolom RGB yang telah di sediakan maka akan ada hasil konversi nilai RGB tersebut ke dalam bentuk hex.

Jika kamu belum punya kode warna yang kamu inginkan, kamu bisa bereksperimen di Postingan Ini.

Terakhir tinggal bagaimana cara kamu memainkan kode RGBAnya!

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.