Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Apakah data yang hilang, terformat pada Hardisk dapat di kembalikan?


Kali ini Saya akan berbagi pengalaman seputar cara mengembalikan sebuah file saat file tersebut telah terhapus baik itu file yang telah terhapus secara permanen, file yang terserang Virus, file yang hilang akibat sistem error, file yang hilang akibat Disk yang di gunakan terformat tanpa sengaja maupun di format secara sengaja.

Sebenarnya ini pengalaman yang baru saja saya alami. Bermula ketika seorang teman mau minta bantuan untuk memperbaiki windows yang katanya ga mau "booting" setelah di utak-atik. Mau ga mau ya harus colokin media Installer windowsnya (biasanya saya nginstal windows pake FD). Setelah di cek, ternyata semua partisi sudah dalam status "Extended". Jika pun ada keinginan buat backup file, namun file-file tersebut harus di backup kemana sementara perangkatnya sendiri ga mau bekerja.

Awalnya sih saya bingung juga, yang saya pikirkan adalah akan hilangnya data-data penting yang ada pada HDD tersebut. Ya maklum lah, yang punya orang kantoran. Ya pasti banyak dokumen-dokumen berharga di dalamnya.

Awalnya saya tetap bela-belain buat ga ngusik partisi D dan E dengan harapan jika partisi C dan System reserved sudah bisa dialihkan ke primary lagi, semoga file-file yang ada pada kedua partisi (D dan E) tersebut masih biasa "diamankan" untuk sementara waktu (ya maklum lah, saya bukan pakar dibidang ini. Semua hanya modal nekad). Tapi Saya justu semakin panik ketika sistem menolak saat membuat partisi (mengalihkan Extended ke Primary) dan menginstal windows di partisi C karena partisi lain masih dalam status Extended. Apalagi yang bisa di perbuat selain menghapus semua bagian partisi baik dari System Reserved, C, D, E dan lainnya menjadi suatu kesatuan yakni partisi kosong. Huft.. belepotan banget ni penulisannya.

Setelah semua bagian HDD kosong, baru lah Saya mulai membagi partisi kembali dan Windowsnya pun sukses di instal. Namun pemasalahannya ya data-data penting tersebut. Dimana bisa di temukan dan bagaimana cara menemukan sementara tempat bersemayam data tersebut telah kosong karena terformat saat membentuk partisi sebelumnya.

Saya sudah mencoba beberapa tool tapi ga ada yang benar-benar bisa mengendus keberadaan file-file tersebut. Jika pun ada tool yang mampu, indikatornya menunjukan kalau sebagian besar dari file-file tersebut telah rusak.

Akhirnya setelah sekian lama berselancar, akhirnya ketemu juga sama tool Data Recovery Wizard. Kelebihan yang paling berasa menurut Saya ya, pemindaian yang lebih baik, menampilkan folder dari file-file yang pernah hilang, dan mengembalikan file-file tersebut dengan mudah dangan efek keberhasilan mencapai 98% lebih.

Akhirnya lebih dari 94% data yang telah terformat dapat di kembalikan dalam keadaan utuh!

File bermasalah hanya pada sebagian foto (JPEG). Entah karena foto tersebut berukuran terlalu besar (@26MB+) entah apa Sementara beberapa file dengan format .iso dengan ukuran sampai 15GB pun dapat di kembalikan dengan utuh.

Yang jelas, ini lah tool terbaik untuk mengembalikan file-file yang hilang dari beberapa tool yang pernah Saya coba. Tool ini bisa di gunakan secara gratis (trial). Namun tentu saja punya batasan dalam mengembalikan file yang akan Recovery (di ambil kembali). Untuk kebebasan dalam menggunakan, kita harus membeli tool ini seharga $69.95 untuk OS Windows dan $89.95 untuk Mac.

Kamu dapat mendownload sofwarenya sesuai perangkat di easeus.com/data-recovery-software.

Walau terkesan cukup mahal, kinerja tool ini sungguh sesuai dengan harapan!

Untuk yang ingin versi pak taninya silahkan Download Di sini (tidak untuk di publikasikan ulang).

1 comment:

  1. Gan, minta key sama pass nya donkk, email aku christyn.waruwu52@gmail.com
    Terimakasih banyak..

    ReplyDelete

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.