Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Memperbaiki masalah tidak bisa Update di Windows 10


Menjengkelkan, itulah kesan pertama saat gagal mengupdate Windows, Sore ini Saya menginstal Windows 10 versi terupdate disebuah PC kantor, Koneksi stabil dan bisa browsing sana sini, Download Software pendukung, lancar jaya, eh, saat memasuki proses update Windows kok malah error.

Bagian utama dari fitur-fitur windows yang berhubungan dengan Update seperti Service dan beberapa fitur lainnya sudah diperiksa dan semua normal. Seharusnya kendala ini tentu tidak seharusnya terjadi.

Dari notifikasinya seakan-akan PC ini tidak terhubung ke jaringan Internet, Lah, kok bisa? padahal Download Software ini dan itu bisa saja. Hmmm... 😏 Kurang lebih, seperti ini nih, penampakannya.

We couldn't connect to the update service

Kurang lebih seperti ini nih, notifikasinya,

We couldn't connect to the update service. We'll try again later, or you can check now. If it still doesn't work, make sure you're connected to the Internet.

Meskipun sudah memencet tombol "Retry" berulang kali, tetap saja itu tidak menyelesaikan masalah.

Jika merujuk ke bantuan pemecahan masalah update yang disediakan oleh Microsoft https://support.microsoft.com/id-id/help/10164/fix-windows-update-errors, maka kita akan diminta untuk mendownload sebuah file *.diagcab untuk membantu penyelesaian masalah ini.

Lalu, Apakah dengan Cara ini permasalahannya berakhir? Beruntung, Permasalahan tidak terselesaikan dan terpecahkan, jadinya, pelajaran baru dari penyelesaian masalah ini menjadi sebuah tantangan.

Seperti biasa, sebelum memutuskan untuk menyerah dan browsing untuk mencari pemecahan masalah, Saya mencoba mengaplikasikan pengalaman yang Saya miliki. Terpikir untuk mencoba membersihkan Sistem menggunakan Aplikasi Pihak ketiga, dalam Hal ini Saya menggunakan Software CCleaner (ini bukan promosi karena Saya tidak terikat kerja sama dengan penyedia Aplikasi ini).

Meskipun Saya sering membersihkan Sistem menggunakan Fitur bawaan, namun Saya mengakui, kalau Software ini memang layak untuk digunakan, meskipun bisa digunakan secara cuma-cuma atau Gratisan tapi kemampuan yang ditawarkan memang layak untuk diperhitungkan.

Lalu, Apa saja settingan yang Saya terapkan? Pada fitur Pembersih, inilah settingan yang saya terapkan.

We couldn't connect to the update service

Perhatikan bagian centang pada Opsi disisi kiri Fitur Pembersih. Silahkan sesuaikan dan Klik tombol "Jalankan CCleaner" untuk mulai memasuki tahap pembersihan. Sebaiknya jalankan proses pembersihan sebanyak 2x. Jika telah selesai, mungkin akan lebih baik jika fitur yang dicentang tadi dikembalikan keposisi semula, atau lebih tepatnya, hilangkan centang yang dibuat dan kembalikan centang seperti sebelumnya (default).

Sekarang, coba lagi untuk mengupdate Windowsnya, dan lihat apa cara ini bekerja.

We couldn't connect to the update service

Jangan tanyakan apa cara ini benar-benar berhasil Saya terapkan, karena dalam kenyataannya, cara ini memang berhasil menyelesaikan masalah dan tentunya ini adalah pengalaman baru yang tentu sudah saya coba dan alami sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.