Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Memperbaiki masalah "Sorry, there was problem mounting the file."


Oktober 2016, itulah bulan terakhir dimana saya mulai meninggalkan blog ini. Kesibukan dunia nyata membuat saya tidak punya banyak waktu untuk meninggalkan coretan-coretan yang tidak bermanfaat di blog yang sederhana ini.

Aktif sebagai Admin di beberapa Website pemerintahan, Mengelola beberapa Server, bergelut dibidang komputer dan jaringan benar-benar menyita waktu. Pergi pagi, pulang nya malam, Hha.. ya, begitu lah, demi loyalitas terhadap pekerjaan 😁

Kok jadi curhat ya? 😁

Tapi sudah lah, mumpung ada waktu dan kesempatan, blog yang sudah tak terurus ini dicoret-coret lagi, mana tahu, coretan ini bisa saya jadikan referensi dikemudian hari.

Sesuai judul, yang ingin saya tulis kali ini adalah masalah error "Sorry, there was problem mounting the file." saat akan membuka file .iso atau .img. Kebetulan, baru ketemu masalah ini nih, belum sempat untuk searching, eh, solusinya sudah ketemu.

Seperti biasa, Saya selalu menggunakan kemampuan bawaan Windows dalam berbagai hal, misalnya dalam hal mounting file .iso. Sebagian pengguna Windows 8 keatas masih menggunakan Software pihak ke 3 dalam melakukan kegiatan ini. Kalau Saya sih Ogah, Intinya PC ga perlu Rame, yang penting bisa melakukan segala hal tanpa bantuan pihak ke 3. 😁

Sorry, there was problem mounting the file.

Pernah menemukan hal yang sama? Kalau Pernah, silahkan dibaca dan dicoba, yah, barangkali bisa berguna.

Pada kejadian ini, saya ingin membuka file .iso dari driver Scanner Fujitsu, eh, ga taunya, nonggol aja tuh notif 😁

Usut punya usut, ternyata Flashdisk yang saya gunakan menggunakan Format FAT32, Ternyata Format FAT32 tidak dibekali kemampuan untuk membuat virtual disk dari file .iso. Hal ini bisa dibuktikan dengan proses mounting file .iso yang sama pada Flashdisk berformat NTFS. Ya mungkin saja file iso tetap bisa di mounting pada Flashdisk dengan Format FAT32 dalam ukuran yang kecil seperti 200MB mungkin, tapi ya tidak tahu juga gimana pastinya, karena pada kejadian ini file .iso yang akan saya mounting berukuran 1.76GB.

Nah, pada kejadian ini, saya menggunakan dua Flashdisk dengan Format yang berbeda untuk pembuktian. Lalu bagaimana jika hal ini terjadi pada Flasdisk berformat FAT32 sedangkan banyak data lain didalamnya. Jika kita malas untuk mengganti Format Flashdisk ke Format NTFS dan terjadi masalah error "Sorry, there was problem mounting the file.", silahkan salin file .iso yang bermasalah tersebut ke desktop, atau mungkin letakan filenya di partisi D atau E pada komputer yang digunakan. Coba lakukan proses mounting kembali. Biasanya masalah ini terselesaikan, jika tidak, silahkan cek kembali rincian dari file .iso dengan file .iso yang disalin sebelumnya untuk memastikan salinan yang ada di Flashdisk tersebut tidak Corrupt atau Rusak.

Artikel ini hanya sebagai referensi Pribadi dan tidak bermaksud untuk mengajari siapapun, ini karena Saya masih belajar, jadi ya maklum jika masih banyak kekurangan.

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.