Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Menghapus ruang bebas dengan aman di Windows tanpa software


Seperti yang kita tahu, jika kita menghapus sebuah file di Windows, kita masih di beri kesempatan untuk menemukan dan memulihkan (recovery) file tersebut kecuali jika file telah di timpa oleh data yang baru.

Kekurangannya jelas ruang bebas Hardisk akan terus berkurang seiring dengan meningkatnya aktifitas kita pada Hardisk tersebut.

Untuk masalah ini biasanya saya serahkan ke aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner dengan memanfaatkan fitur Sapu ruang bebas. Namun tak di sangka, Di Windows sendiri fitur untuk menghapus ruang bebas ini sudah tersedia bahkan sejak era Windows XP. Hanya saja kebanyakan pengguna tidak mengetahuinya.

Untuk Menghapus ruang bebas dengan aman di Windows tanpa software, kita bisa menggunakan Cipher.

Jika ingin menggunakannya, Pastikan data yang pernah kamu hapus sebelumnya memang data yang tidak kamu butuhkan lagi. Ini mengingat, kemungkinan data yang bisa di pulihkan hanya sebagian kecil dan bahkan tidak bisa di pulihkan sama sekali. Jika sudah yakin, buka Command Prompt (Admin) dan ketikan atau tempel perintah di bawah ini,

cipher /w:D

D pada perintah berarti kita memerintahkan Cipher untuk menghapus ruang bebas pada partisi D. Setelah perintah di ketik, kemudian tekan tombol ENTER dan biarkan prosesnya berjalan hingga selesai.


Cipher bekerja dalam 3 langkah yakni Writing 0x00, Writing 0xFF dan Writing Random Numbers. Jadi pastikan prosesnya benar-benar selesai sebelum menutup jendela Command Prompt.

Selain akan menambah ruang bebas, aktifitas kita pada Hardisk sebelumnya berkemungkinan akan ikut terhapus selamanya. Jadi aktifitas yang tergolong agak pribadi bisa di lenyapkan dengan metode ini. Namun kekurangannya, kemungkinan kita untuk memulihkan data yang telah di hapus sangat kecil dan bahkan tidak bisa di pulihkan sama sekali.

Catatan, Sebaiknya cara ini di lakukan di Hardisk (HDD). Untuk SDD, cara ini tidak di rekomendasikan.

3 comments:

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.