Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Mana yang lebih baik antara Nama warna, Hex, RGB, RGBA, HSL atau HSLA?


Jika kamu sering bermain dengan warna yang di gunakan pada CSS, manakah penulisan warna yang kamu pilih?

Nama warna, Hex, RGB, RGBA, HSL atau HSLA?

Nama Warna. Nama Warna memang terkesan lebih mudah di ingat jika di bandingkan dengan metode penulisan kode warna yang lainnya. Misalnya saja color:red untuk menampilkan warna Merah. Namun sayangnya, nama warna tidak dapat menjangkau sekitar 16.777.216 warna yang tersedia.

Hex dan RGB. Warna yang di hasilkan dari HEX dan RGB sama-sama bisa di eksekusi dengan baik meski menggunakan browser terlawas sekalipun. Namun sayang, dalam penulisannya baik itu HEX maupun RGB sama-sama tidak mendukung warna transparan (tembus pandang).

Kenapa HEX dan RGB sama-sama bisa di eksekusi dengan baik oleh semua perambanan?

Sebenarnya penulisan HEX dan RGB itu sama, hanya formatnya saja yang berbeda. Apakah kamu tahu rincian dari 6 karakter yang di gunakan dan penulisan hex Warna?


Contoh: #009999. Kalau lebih di rinci lagi penjelasannya seperti ini, # adalah awalan hex atau menandakan prefix hex. 00 pertama adalah Red/Merah. 99 kedua adalah Green/Hijau. 99 ke tiga adalah Blue/Biru. Jadi kalau di singkat jadi seperti ini #099 atau #RGB.

Jadi, jika Penulisan Hex warna misalnya #000000 untuk menghasilkan warna hitam, maka warna hitam tersebut akan tetap tampil dengan baik meskipun kode hex warnanya di tulis seperti #000. Contoh lainnya seperti HEX #FF0000, Jika di tulis dalam #F00 maka warna yang di hasilkannya adalah sama dengan #FF0000 atau #0033CC akan tetap tampil dengan baik meskipun HEXnya di tulis seperti ini #03C. Tapi tidak akan semua warna bisa di tampilkan dengan baik jika hexnya di tulis seperti ini (warnanya pasti muncul, tapi mungkin tidak akan sesuai dengan keinginan). Jadi, mengubah Hex dari 6 ke 3 karakter hanya bisa di lakukan jika karakter 1 dan 2 sama, karakter 3 dan 4 sama, karakter ke 5 dan 6 sama. Jika karakter-karakter tersebut tidak memiliki kesamaan dengan pasangannya, sudah bisa di pastikan mereka tidak dapat di buat menjadi sebuah kesatuan.

Dan khusus untuk Hex warna, Kamu juga harus tahu kalau karakter yang di gunakan pada Hex pada warna, hanya 0 sampai 9 dan A sampai F. Jadi tidak ada hex warna yang menggunakan karakter di luar karakter tersebut.

RGBA. RGBA singkatan dari Red, Green, Blue dan Alpha (Merah, Hijau, Biru dan Alpha). Menulis warna dalam format RGBA hanya akan di eksekusi dengan baik pada Internet Explorer 9, Firefox 3 dan Opera 10 ke atas. Namun kalau di tanya soal ke unggulan, Sangat banyak keunggulan yang di dapat jika penulisan warna di buat dalam format RGBA. Selengkapnya bisa kamu baca di postingan INI.

HSL. HSL adalah singkatan dari Hue, Saturation, dan Light. Format penulisannya sangat jarang di gunakan. Mungkin karena dukungan HSL yang bisa di bilang sangat terbatas. Untuk Internet Explorer saja paling tidak versi yang di gunakan adalah versi 9 ke atas. Begitu juga dengan perambanan seperti Opera, paling tidak versi Opera yang di gunakan adalah 10+.

HSLA. HSLA adalah singkatan dari Hue, Saturation, Light dan Alpha. Penulisanya sama seperti RGBA. Tapi karena menggunakan Alpha, Maka Warna yang di hasilkan hanya akan di eksekusi dengan baik pada Internet Explorer 9, Firefox 3 dan Opera 10 ke atas.

Lalu manakah penulisan warna yang terbaik? Yang terbaik tentu HEX dan RGB. Namun Saya pikir HEX jauh lebih baik, karena HEX lebih hemat karakter dalam penulisan kodenya di banding RGB. Namun jika ingin mendapatkan warna yang lebih spesifik, tentu RGBA lah yang menjadi pilihannya.

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.