Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Rekomendasi ukuran box Speaker untuk Subwoofer American Boss 12 Inci


Jika kamu memiliki Subwoofer American Boss namun masih merasa Subwoofer ini masih kurang Optimal dalam hal Bass. Mungkin Ada baiknya kamu mencoba Ukuran box yang akan saya bagikan di postingan ini.

Meskipun saat ini saya tidak menggunakannya lagi, paling tidak, selama 6 bulan terakhir sudah ada 4 orang yang memesan box seperti ini. Dari pendapat mereka yang sudah mencoba box buatan saya, mereka menyatakan cukup puas dan baru merasakan performa yang sebenarnya.

Bicara soal ukuran dan desain box, Subwoofer seperti ini bisa di pasang di box speaker yang banyak di jual di pasaran dan tentu saja bisa di pasang di box yang kecil atau pas-pasan. Tapi yang pasti, ukuran akan mempengaruhi bunyi yang di hasilkan. Sementara untuk kualitasnya sendiri Saya pikir Subwoofer ini tidak berbeda jauh dengan Subwoofer sejenis. Anggap saja Subwoofer Legacy dan Prestige.

Untuk bahan yang di gunakan, Saya menyarankan untuk menggunakan MDF atau Medium Density Fiberboard. Menurut saya, MDF lebih bagus di bandingkan MultiPlex meskipun Multiplex lebih mahal. Sementara Particle Board sendiri tidak saya sarankan. Particle Board adalah bahan yang sering di gunakan untuk box speaker murahan yang banyak di jual di pasaran. Namun, membuat box menggunakan kayu, justru saya pikir akan jauh lebih baik lagi, apalagi kalau kayu yang di gunakan adalah kayu Lengaru. Namun kerumitan dalam membuat box menggunakan bahan dasar kayu akan jauh lebih tinggi.

Bahan yang di gunakan baik itu Multiplex atau MDF sebaiknya memiliki ketebalan 18mm. Untuk kayu sendiri akan lebih baik jika menggunakan ketebalan 20-25mm.

Untuk ukuran box Saya merekomendasikan, Panjang 60cm, Tinggi 60cm dan Lebar 60cm. Besar kan? Ya box ini rasanya cukup besar, namun saya pikir ukuran yang besar ini cukup sesuai dengan kemampuannya. Untuk hasil yang di dapatkan, meskipun di test di luar ruangan (outdoor) dengan pemukiman dengan ke padatan yang sedang, Bass masih terasa dan bisa di dengar dengan baik hingga ratusan meter. Tapi, jangan jadikan ini sebagai patokan dulu, sebab, beda ampli, maka beda lagi hasilnya. Pengetesan saya lakukan menggunakan power rakitan. Jadi balik ke kualitasnya lagi, ingat, speaker ini hanyalah subwoofer murah yang tentu saja sudah di ukur kemampuannya sesuai harga yang di tawarkan nya. Jadi, peranan box akan cukup penting untuk menutupi kekurangan ini.

Dengan harga yang hanya 300 ribuan, masih ada saja yang berpikir kalau subwoofer ini tergolong mahal dan kelas High-End. Coba saja beli speaker yang berkualitas seperti ACR Fabulous, Uang sebanyak itu hanya dapat Fabulous 8 inci dan itu pun hanya Midrange. Midrange 12 inchi saja belinya hampir sejuta. Ini subwoofer, dan ukurannya pun 12 inci. Fabulous 8 inci (Midrange) yang sudah menggunakan Neodium Magnet saja, harganya hampir 800 ribu.

Tapi jangan kecewa dulu sebelum kamu mencoba rekomendasi box seperti yang saya bagikan ini. Apalagi Speakernya sudah terlanjur terbeli. Namun meskipun murah, kualitas suaranya tidak seburuk itu juga kok. Namun yang pasti ukuran box akan sangat berperan disini.

Kesalahan yang sering di buat adalah, kita sering meniru desain seseorang padahal kita menggunakan driver atau speaker yang berbeda. Jikapun desain dan speaker yang sama, ampli atau power yang di gunakan belum tentu sama. Jika semuanya sama, selera kita mungkin berbeda. Jadi box ini akan lebih baik untuk kita yang menyenangi bunyi yang lembut dan bertenaga dengan nada LOW yang membahana namun tidak memekakkan telinga.

Perkiraan bahannya. Untuk 1 buah box subwoofer ini akan menghabiskan bahan sekitar 3/4 dari selembar multiplex atau MDF.

Box ini berkategori Bass Reflex namun mengadopsi gaya Planar Horn.

Lubang Anginnya di buat menggunakan bahan multiplex atau MDF dalam bentuk bujur sangkar dan tidak menggunakan lubang angin jadi atau lubang angin yang di jual di pasaran. Ini bertujuan untuk mengurangi bunyi-bunyi yang tidak di inginkan dari lubang angin plastik yang biasanya akan ikut berbunyi (Mengacaukan bunyi) dengan bunyi-bunyian nya sendiri ketika speaker memproduksi nada rendah atau bass yang dalam. Ukuran dalam dari lubang angin ini adalah 6cm*6cm dengan kedalaman total 12cm.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat videonya di bawah ini,


Kelebihan
  1. Speaker akan tetap optimal tanpa peningkatan suhu yang drastis pada kumparannya.
  2. Speaker akan tetap optimal meskipun di gunakan untuk stereo.

Kekurangan
  1. Dimensi box yang besar.
  2. Butuh ruang yang lebih jika di tempatkan dalam ruangan.

Penting Mencoba berarti kamu sudah siap dengan segala resikonya. Apakah itu kerugian dalam bentuk biaya atau pun yang lainnya. Ingat, beda orang, beda seleranya. Desain seperti ini cocok di gunakan di ruang tertutup (dalam rumah) dan semi terbuka karena karakter speakernya hanya untuk penggunaan Indoor.

83 comments:

  1. Ini american boss yg pinggiran hijau itu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya pake yang pinggirannya merah gan dan pingirannya ukuran kecil(bukan yg lebar)/edisi lama. Tapi saya pikir apapun warnanya, kualitasnya sama aja kok...

      Delete
  2. Maaf gan ikutan nimbrung neh...
    Kebetulan saya sdng membuat box spk model seh ga tau jenis apa yg pasti di dlm box ada labirin sbgai lubang angin, ukuran ga terlalu besar P 60 T 50 L 40 sekat di dlm box saya kasi 6cm ada 3 sekat sekat paling depan (blakang magnet) lbh pendek dri sekat 2-3 sekat 1 hnya 45cm sekat 2-3 dri 50 cm di kurangi 6cm.
    Spk sndiri yv mau daya gunakan merek JBL 1204D (jenis sub dobel coil), tpi saya gunakan sub ini sbgai woofer krna saya ga tau harus pakai spk woofer merek apa..
    Dan untuk model jg blm ketemu merek apa yg bagus rencana mau pakai 2 x 8"
    Tweeter pun rncana mau pakai yg corong cma lgi2 ga tau, jdi ininya saya mohon bantuanya supaya hasil suara sangup bikin dada sesek.
    Oya mas dlm 1 box 2 spk 1 sub 1 tweteer.
    Mohon di bantu
    Trimakasih sebelumnya
    Salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 box = 1 sub, 2 spk, 2 tweter(harusnya dua), meding bikin sistem 2.1 aja kang :)

      JBL nya GTO-1204D bukan kang? kalau iya, tu sub katanya dapet main di kisaran 23 - 400 Hz. kalau mau bikin sistem 2.1 tingal nyari speaker yang jalan di 400HZ ke atas di tambah tweter untuk high.

      Nyesek ato ga nya tergantung kualitas powernya dan rancangan boxnya juga kang...

      Delete
  3. Lau untuk rumahan(indoor)apa g terll besar ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebesaran gan. Biar kecilan dikit, pake dimensi 80x40x40 aja. contek aja box yang sudah saya posting di halaman pertama.

      sebenarnya ukuran, desain dan lain-lain bukan faktor penentu utama gan. Setiap orang pasti punya selera musik yang berbeda. jadi gimana nyamannya aja sih sebenarnya.

      Delete
  4. Untuk yg 10".. Impedensi mau pkai yg ohm..gan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kemampuan powernya juga gan. sub agan dual coil? berapa Ohm? Agar aman mending di kalkulasi aja. Panduannya sudah saya tulis di website ini. Silahkan cari dan baca pembahasannya di kategori Impedansi speaker.

      Delete
  5. Gan itu untuk yg 12" kan.lau untuk yg 10". Kira2 dimensi brp x brp gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kurangi 10cm dari ukuran di atas. Tapi ga jamin jg soalnya saya jarang pake yg 10 kebawah. atau kalau kamu berani bereksperiment, coba yang ukuran 80x40x40 (panjang ke belakang/contohnya lihat aja di postingan terbaru saya). Tapi untuk portnya cukup di kasi 2 aja. kalau ukuran portnya dibikin sama aja (6cm bersih dengan kedalaman 10-12cm)

      Delete
  6. Gan kalau america boos di bikin kan box model cubo gimana ya trs ukuran nya.berapa ya, matur thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya agak gimana gitu kalau seandainya sub kaya gini di bikin box CUBO. Sebelumnya saya minta maaf dulu ya gan, saya sama sekali ga bermaksud mengajari. Begini gan, kebanyakan orang make box cubo hanya buat sub atau woofer single coil dengan impedansi 8ohm dan terendah 4 ohm. selain itu, kulitas speaker juga berperan karena box cubo berkategori dan di rancang untuk pengetar jarak jauh. sementara subwoofer ini main di level rendah atau tidak bisa di geber habis-habisan. atau tepatnya sub ini hanya untuk rumahan dan tidak untuk lapangan.

      Tapi jangan kecewa dulu. agan tetap bisa mencobanya dengan dimensi 45x45x48 atau bulatin saja menjadi 50x50x50. untuk jarak dekat mungkin ga begitu berasa tapi jauh mungkin agak lumayan (saya hanya pernah membuat box ini dan melakukan pengetesan dengan ACR PREMIER 18900 dengan imperdansi 8ohm)

      Delete
  7. min numpang tanya kalo subwoofer 15" ukurannya berapa..?? bentuk kubus aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya kamu tidak menyebutkan spesifikasi dari subwoofernya. Tapi coba aja adopsi box di atas dengan dimensi 50x50x80cm. 80cm adalah panjang kebelakang dengan speaker di jorokan kedalam sekitar 10cm dari depan. Untuk portnya bikin 7-8cm dengan kedalaman 12-15cm.

      Sedikit tambahan, kalau bisa, bikin ukuran 60x60x80cm dan speaker dijorokan ke dalam sekitar 15-20cm

      Delete
  8. ada model lain kang,yg ga bosen dipandang mata buat amerikanbos 12inc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mode lain banyak sih kang. tapi menurut analisa saya, subwoofer kebanyakan di desain dengan box bass reflex atau tepatnya kotak-kotak seperti ini. Ngebosanin memang.

      Tapi Akang juga bisa nyoba desain lain, misalnya saja bandpass dan lain-lain. Saya sering bikin bandpass untuk sub mobil. Lumayan oke sih, tapi cukup nyiksa subwoofer itu sendiri karena bandpass butuh sub yang keras dan berkualitas.

      atau jika akang mau berkreasi. nanti saya bagikan ilustrasi box speaker yang mana tau bisa jadi inspirasi. tapi sekarang belum ada waktu saya kang, lagi bikin box juga soalnya.

      Delete
  9. Assalamualaikum mass ...
    klau kita membuat box speaker 18 inchi dengan ukuran PxLxTxkedalaman berapa ya mass ... maf masih awam dlam dunia sound system.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, mas.
      Kita sama2 awam kok :D
      Kalau soal itu, Tergantung, 18nya mau dibuat longthrow atau ga. biar bassnya pulen dan bisa menjangkau jarak jauh, adopsi saja model diatas atau tepatnya design Planar horn. dengan dimensi lebar 60cm, dari atas kebawah 70cm dan kebelakang 100cm. sementara speakernya dijorokin 43cm-50cm kedalam atau tepatnya 43-50cm dari dinding bagian belakang. untuk ketebalan material kalau bisa diatas 18mm. kalau hanya sebatas 18mm bikin sekat berbentuk "+" dan tempelkan dibagian sisi box paling belakang dengan lebar sekat sekitar 10-18cm. Memang ukurannya gede, namun dari eksperimn yang saya coba, kebanyakan bass lebih responsiv dengan desain memanjang kebelakang.

      Untuk port, fokus kebagian bawah aja mas, jadi ga usah bikin 4 sisi tapi cukup bikin dari sisi kiri bawah ke kesisi kanan bawah (memanjang).

      Desain ini pernah saya buat untuk pesanan soundsistem lapangan dengan hasil yang bisa dibilang sangat memuaskan! :)

      Delete
  10. Klu dipasang dimobil kira2 bassnya tambah mantep apa kurang mas trima kash spek american boos dvc 12 pwr 4 chanel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk mobil ga usah dibikin gede2 mas, makan tempat. Dimobil ga butuh ukuran yang besar cukup sesuaikan dengan ruangan saja. Ini karena dimobil ruangannya tertutup dan dipenuhi rangka besi, kulit dan kaca yang bisa membant speaker dalam mnghasilkan bass. Untuk port lobang angin bikin aja satu agar spolnya ga cepat panas. :)

      Delete
  11. Gan mau tanya.. kalo untuk speker 12 in bok model planar tolong minta ukurannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja 40x40cm dan panjang kebelakangnya 80cm. Untuk Speakernya dijorokin kedalam sekitar 12cm dari sisi depan. Untuk port, buat 6x6cm dengan kedalaman 12cm sebanyak 2buah

      Delete
    2. Sebenarnya istilah ini dan itu ga harus mutlak diterapkan gan. Tergantung selera kita aja sih sebenarnya. Kalau Saya pribadi, Saya lebih memilih desain panjang kebelakang untuk Subwoofer. ini karena saya lebih suka musik santai. Jika agan suka dangdutan, model ini tidak direkomendasikan

      Delete
  12. Rencana mau bikin box subwofer 12 inci legaci untuk rumahan yg seperti kotak sabun(ported)tapi blum ada ukurannya.. Siapa tau agan punya skemanya tolong di bagi gan.. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya agan ga nyebutin merk dan type speakernya, biasanya sih, kita butuh penyesuaian juga dengan spesifikasi yang ada. Namun tidak masalah, untuk itu, box biasa sepertinya bisa agan gunakan. Jika agan punya ukuran yang telah ditentukan (Panjang x Lebar x Tinggi), silahkan dibagi, nanti saya bantu memikirkan konsep dan rancangannya.

      Delete
  13. Aku uda beli subwofer cityaudio 18inci 1800 watt plus dngn kit powernya tp kemarin aku coba suaranya gk keluar mungkin karena boxnya kecil kali, sebenarnya berapa ukuran buat speakr sub 12 inci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk 18 inchinya di kasi box ukuran berapa? biasanya saya make 80x80x60cm. untuk ukuran pasti biasanya saya melihat dari detail spek speaker yang akan dipasang. umumnya saya membuat box sub 12inchi dengan ukuran 40x46x60cm untuk speaker yang minim informasi.

      Delete
  14. Assalamualaikum.. saya mau bikin box 12 inc subwoofer pca dobel coil untuk mobil jazz rs tahun 2008.powernya pioner 4ch. Kebetulan disamping rumah saya ada tukang kusen. Katanya dia bisa bikin box sub. Tapi mereka minta ukuran boxnya.. saya mohon bantuan bapak. Kira2 ukuran boxnya berapa ya pak??? Saya menunggu reply nya bapak. Trims yang sebesarnya.. sehat dan sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb. Untuk pertanyaannya, box disesuaikan selera aja, biasanya di mobil tidak butuh box yang besar karena material yang ada dimobil dapat membantu speaker memproduksi suara yang luarbiasa. jika dapat box besar, kenapa tidak, namun sayangnya mobilnya akan sempit, melihat karakter speakernya, speakernya cukup oke, cuma kalau bisa, dikasi port (lobang angin) satu biji. Tapi portnya ga usah yang besar, cukup ukuran 6cm aja.

      Karakter speakernya sangat cocok dibikin bandpass, namun karena mobilnya jazz, bikin sesuai tempat aja karena bandpass butuh banyak ruang karena speaker ditanam dalam box. Tapi hati2 dalam menggunakan mode bandpass, jangan meniru mode bandpass yang ada di google karena tidak semua bisa diaplikasikan dan sesuai keinginan. Speaker termurah yang pernah saya bikin bandpass adalah 2xlegacy 12". ini sanggup menggetarkan seluruh body mobil serta atap/ kaca rumah yang berdekatan dengan sumber suara.

      Sedikit saran, Kalau bisa, mungkin akan lebih baik jika kamu mencoba pake power mono block class D biar bassnya lebih pulen, sementara speaker vokal/pintu/oval dikasi umpan dari tape/VCD/DVD playernya. Semoga sukses ya! ;)

      Delete
  15. Assallamualaikum...
    Saya punya 2 speaker legacy LG-896-2 dengan specnya Spesifikasi :
    Diameter speaker (inch/mm)
    Daya maksimum (Watt)
    Lebar daerah frekuensi (Hz)
    SPL (2.83 V / 1 m) (dB)
    Medan magnet (T)
    Berat magnet (Kg/Oz)
    Voice coil diameter (mm)
    * IEC 268-5, (in box system, cut.off 20-500 Hz)
    : 8 inch / 203 mm
    : 200 Watt*
    : 37 Hz - 1.4 KHz
    : 86 dB
    : 0.75 T
    : 0.5 kg / 17.5 Oz
    : 49.95 mm

    Saya berencana membuatkan boxnya,,ukuran berapakah pak sesuai dgn speakernya,,,apkah satu box 1speaker atau 1box 2speaker,,

    Power yg di pergunakan adalah power rakitan blazer x6 600watt dengan trafo belt 10amper..

    Papan untuk box speakerx adalah particle board 18mm.

    Trimakash sebelumnya pak andika xp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb,
      Sebelumnya saya minta maaf kalau tidak bisa menjawab pertanyaannya dengan pasti, Jujur saja, Pembuatan box subwoofer dibawah 12 inchi sangat jarang saya praktekan. Artinya, kebanyakan box speaker yang saya buat, 98%nya adalah 12 inci.

      Dulu saya pernah membuat box untuk subwofer 8inchi (4buah subwoofer/2box), tapi subnya single coil 8ohm dengan spesifikasi yang beda.

      Untuk pertanyaanya, soal bahan box (particle board) saya pikir sudah sangat bagus, dan untuk pertanyaanya, saya kembalikan ke agan lagi, agan mau stereo atau tidak?

      Kalau stereo, idealnya kita tentu harus membuat box terpisah. Artinya, 1 box = 1 sub. Untuk ukurannya sendiri, Coba pakai 30x30x90cm.

      Jelasnya, box yang saya rekomendasikan ini adalah mode standar tapi dengan ukuran yang beda dari standar. jangan lupa, box nya dipaku rapat dan lemnya dipastikan erat.

      Delete
  16. Permisi Mas Master,sy lg bingung bikin box speaker sub LEGACY 1277-2 (katany slh ini seri paling bagus diantara legacy yg laen), tp kok suaranya mlahan lbih bagus yang legacy 896-2 x 4 biji (boxny sy bikin sekat sesuai gmbr dr Mbah goole).suarany cetar mmbahana,untuk musik slow,sesuai selera kuping saya,
    Nah yg 1277 ini sy dah bikin boxny smpai bongkar pasang 3x lum nemu ap yg sy inginkan.
    PERTANYAANYA apakah sub ini bener" di rancang hnya untuk mobil?? Jd kurang cocok untuk rumahan (impedensi dah main dri 2-8ohm)tp sm aj.
    Apakah klo sub ini di gunakan dlm rumah ukuran boxny hrus lbih besar dr rekomendasiny yg hanya sktr 54,2liters??
    Soalny sy dh pnh coba dr sktr 60liters-100liters'an,yg skarang sy pke sktr 100literan,main 2ohm enak empuk,tp volume buka dikit aj arar jm 7,klo jm 9 cuma konusny aj bergetar hebat,tp gk ad suaranya.
    Speck power BTL biasa rakitan jowo,travo era 15amperre.
    Mf Mas kpanjangn kmntr/prtnyaanya,bnr pusing nih bikin bok speaker atu nih,,
    Trimm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Legacy 12 inci satu dibanding legacy 8 inchi 4 buah. Ya memang menang yang kecil mas, soalnya lebih banyak. Jangan kan di pake 4 sekaligus, di pake 1 aja yang 8 inchi sementara yang tiganya di bikin passive radiator, yang 8 inchi juga akan menang.

      Soal tipe legacy tertinggi, ya memang tipe tersebut digadang-gadang sebagai tipe tertinggi dan lebih sempurna. untuk membandingkannya tentu dengan legacy 12 inci tipe biasa dengan metode by one.

      Meskipun begitu, jujur saja saya belum pernah mencoba legacy tipe tertinggi ini karena kebanyakan pesanan saya hanya sebatas legacy tipe biasa saja.

      dijam 9 konus hanya bergetar tanpa suara? mungkin powernya bisa dicek lagi, main di 2 ohm memang asyik, tapi power biasa biasanya hanya efektif di min 3 ohm, kelamaan dikit main di 2 ohm biasanya pasti ngos-ngosan hingga akhirnya loyo. coba pakai power kelas D

      Untuk trafo, maaf saya kurang yakin dengan kemampuan trafo *ra. Coba pakai trafo dengan spek yang sama namun buatan PGT. saya yakin bunyinya akan jauh berbeda atau agar lebih ekonomis, mending pakai SMPS aja.

      Jika saya boleh memilih, saya lebih memilih yang 8 inchi dibanding yang 12. 8 inchi di pake cukup 1, sementara yang lainnya dijadikan passive radiator saja. box dibuat sebisanya saja tanpa port (lobang angin) sementara powernya dibikin cukup untuk umpan satu sub 8inci saja namun memiliki out watt murni dengan komponen yang berkualitas. Saya jamin itu akan lebih dari yang diharapkan.

      Delete
    2. Trim Boss balasannya,,dah tny ke toko PA klass D,tp hrganya mehong bingit ngumpulin duit dlu,,

      Delete
    3. Hha... ga apa gan, untuk audio rakitan non pabrikan memang punya kepuasan tersendiri disamping harganya yang mahal :D
      Saya aja udah habis dana untuk eksperimen ya dapet satu motor matic minimal 1 soulgt bluecore cash gitu lah. tapi ya ga masalah, kepuasannya beda, justru saya pikir itu yang lebih mahal :D

      Delete
  17. saya punya legacy 10"..rencana mau buat sub...box nya bagusan ukuran berapa mas?kata orang bikin box buat merk legacy agak susah (buat nyari suara yg maksimal)..emang bener gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah nyari bunyi yang maksimal karena kebanyakan orang bikin power dulu baru speaker mas. Harusnya Speaker dulu, kalau permintaan speaker sudah dapat dipahami, barulah dibikin powernya. Pakai box standar juga bisa bagus. Karena Subwoofer, kita tentu harus mempertimbangkan banyak hal, seperti kualitas komponen dari power dan tentu saja rangkaian LPF yang digunakan. Karena tanpa LPF subwoofer bisa dibilang tidak akan pernah maksimal

      Delete
  18. Gan...sy punya spasang speaker woofer legacy 12" double coil 400 wtt.... sy ingin buat boks nya trpisah atw 1 speaker 1 boks.....rencananya speaker mau pakau dirumah aja....tp kadang2 dipakai diluar ruangan klu kbtulan ada acara kecil2an. Brapa ukuran boks yg ideal biar suara bas nya mantap didlm ruangan tetapi masih bisa diandalkn klu dipakai diluar ruangan......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan, baru bisa jawab sekarang, kalau untuk itu, coba boks ukuran standar rakitan aja, 40x40x60cm dengan port 6cm 2biji setiap boksnya. Tapi Kualitas dan Kemampuan Power juga sangat berperan penting gan, begitu juga dengan pengkabelan Speakernya mengingat Speaker ini Double Coil.

      Delete
  19. Mas saya ada legacy 12" x 2..
    Saya pake box biasa yang d jual d toko2 beli sepasang, tapi kok hasilnya kurang maksimal yah?
    Hasil suara lownya lumayan dapet tapi deepnya terasa kurang bgt,,
    Untuk powernya pke ampli rakitan 15A murni 32V.
    Mohon sarannya master, baiknya saya menggunakan box yang model apa sama minta ukuran untuk volumenya..
    Yang di harapkan biar suara mirip2 kya speaker polytron XBR..indoor ok..out dor jga lumayan..
    Trimakasih master..

    ReplyDelete
    Replies
    1. XBR terasa bagus karena dilengkapi dengan rangkaian Low Pass Filter Mas, Agar maksimal, Apa Powernya tidak bisa disupply min. 47VAC?

      Jika tidak bisa dan hanya mentok di 32v, coba pakai Tone Control seperti Machintosh CX54 yang sudah dilengkapi dengan Bass Boster atau dikasih kit seperti KIT ASW 2075 biar frequensy lownya bisa dipisahkan dengan sempurna

      Untuk ukuran boks sebenarnya tidak terlalu mengikat mas, yang pasti, jika ingin digunakan dirumah, jelas boksnya sedikit lebih besar dibandingkan dengan penggunaan untuk mobil

      Delete
  20. Mas saya ada legacy 12" x 2..
    Saya pake box biasa yang d jual d toko2 beli sepasang, tapi kok hasilnya kurang maksimal yah?
    Hasil suara lownya lumayan dapet tapi deepnya terasa kurang bgt,,
    Untuk powernya pke ampli rakitan 15A murni 32V.
    Mohon sarannya master, baiknya saya menggunakan box yang model apa sama minta ukuran untuk volumenya..
    Yang di harapkan biar suara mirip2 kya speaker polytron XBR..indoor ok..out dor jga lumayan..
    Trimakasih master..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau yg enak bass pake trapo 15 sanken 2SA1494 2SC3858 8x2 pasang kit drive mono 2.pasang ct 48 dijamin bass muantap halus tanpa getar dinding kaca

      Delete
    2. pasang speker acr 1240 12 inc 1 box bikin 4 box untuk 1x4 sudut ruangan suara akan lebih mantap cocok untuk rental mantenan/hajatan

      Delete
  21. Siang mas mhn pencerahan y nh sub jbl gt5 12d 4ohm 275watt rms 1100watt peak pake power pca 4175 4ch ko suara y lembek gtu ya kdngeren y ga jauh trus Pke box y sealed sya d pke d mobil truk trima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Spek, keliatan powernya kurang daya mas. Output Power Ratingnya @4Ohms 100W x 4. Apa sudah dicoba mode Brigge mas?

      Low Pass Cross Frequencynya : 50 Hz - 250 Hz sementara Frequency Respons dari Speakernya 23Hz-450Hz, Saya pikir Power Kurang Mampu Menghasilkan Low/Bass yang Maksimal

      Delete
    2. Saran Saya, Coba Powernya di Brigge dulu. Dulu Saya juga pernah pasang Subwoofer ini dengan power JBL GTO-804EZ. Powernya 4chanel juga tapi di Bridge dan mendapatkan 4 ohms: 200 watt x 2 dengan Freq kalau tidak salah 20-230Hz

      Delete
    3. Maaf nh mau tnya lg gan klu ukuran box yg cocok buat jbl gt5 12d kira2 pxlxt?buat d mobil gan trus klu lobang angin y pke paralon ukuran brpa inch kedaalaman y brpa?mksh

      Delete
    4. Kalau ukuran untuk mobil sih, sebaiknya disesuaikan saja gan, kalau power mendukung, sudah dipastikan suaranya sesuai harapan, untuk portnya pakai yg 6cm atau 8cm dengan kedalaman 12cm, itu saya pikir sudah cukup, tapi kalau desain box pipih, kedalaman portnya 6 atau 8 cm saja

      Delete
  22. Salam kenal mas saya Bambang di Sby...Rencana mau beli sub 2x12"legacy tipe Lg 1296,untuk menambah tendangan bass kbtulan di rmh udh ada XBR pas 79,yg diinginkan bisa buat indoor serta out door kalau ada acara kecil2an,pengenya pake power ampli class D,tp gk tau apa aja alat/bahan yg mesti di beli,maklum gk ngerti sm sekali mas... Takut salah beli dn dana terbuang sia2 ... hehe ( dana pas-pasan)
    dan minta saran lbh baik pake box sprt apa,biar suara bassnya bisa merambat sampai jauh ... :)
    Mohon pencerahanya mas
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ga bakal overbass mas? :D

      XBR udah lumayan ngebass + 2 sub bakal lebih ngebass. Hheee.... Untuk bisa merambat sampai Jauh, Mending Pakai 4buah Speaker Woofer biasa mas. Itu akan jauh lebih baik ketimbang 2 sub Double coil. Tapi yang perlu dicatat, tentu Speaker memiliki Kemampuan Menghasilkan Desibel yang lebih tinggi. Paling Tidak ya sekitar 97db an.

      Tapi Jika Pakai Legacy, Coba Deh pakai Boks yang banyak Sekat misalnya model CUBO atau Mungkin DYNACORD.

      Atau biar benar-benar pas, Mending Pakai Pegasus 15". Dua buah Juga cukup asal disupply dengan power class D dengan asupan daya yang Pass.

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Biar menggetarkan dada mas... Hehe :D
    Trima kasih mas atas pendapat dan sarannya mas
    Bisa kasih info pegasus 15" harganya brp mas ?
    Untuk box yg disarankan oke bngt mas ? :)

    Ini aku udh trlanjur beli 2x legacy 12" 300w mas... :)
    trus untuk powernya sebaiknya pakai yg brp watt ya mas ?
    Menurut masnya lebih enak pake pre amp/tone kontrol apa supaya suara bassnya bs nendang ...

    Maaf ya mas ngrepotin ... Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pegasus 15" harganya sekitar 500rb an.

      Untuk power, karena untuk Bass, direkomendasikan pakai Class D, untuk watt sih, 1000w (RMS) Stereo juga ga masalah asal jangan digeber habis-habisan :D

      Untuk tone control, pakai machintosh saya pikir cukup. Saya juga pakai tone ini untuk bass dirumah namun sedikit dimodifikasi dibagian IC dan Power Supplynya. Yang penting pengaturan, level, Bass, Bass Booster dan Volumenya dapat, itu udah cukup.

      Delete
    2. Asskum ms.. Qta mw tya qta pya wofer dmbil Ss.. Qta pya wofer ukran 12in dgan ukran boky P50cm, T36cm, lbar ats 18cm, lbar bwah 23cm, tnpa lbang udra.. Qta jg sdh tmbahkan pwer mnoblok tpi hsil suaray it kras nda empuk..it gmna slusiy.. Apkh hrus gnti bok ap tdk.. Klo gnti bok urny brp2 mz.. Trmksih sblumy.. Wassalm..

      Delete
    3. Agar empuk, tentu boxnya butuh literan yang lebih besar, salah satu caranya, tentu dengan menambah atau memperbesar ukuran box. Selain itu, mungkin dibutuhkan satu port (lubang angin) dengan ukuran 6cm sebanyak satu buah.

      Tapi yang lebih penting, Speakernya sanggup menghantarkan berapa Hz? Jika Speakernya memiliki kemampuan untuk berjalan di 20hz, 30hz atau 35hz, jelas speaker sudah amat sangat mencukupi untuk menghasilkan nada rendah (bass) yang mumpuni.

      Jika Speaker sudah sanggup, berarti tinggal settingan di powernya saja, pastikan potensio atau pengaturan bass sudah di set pada frekuensi (hz) terendah. Selain itu, Supply dayanya pastikan cukup dan stabil.

      Delete
  25. Klo mw gnti box mdelnya gmna mz baiky sma ukurany brapa brapa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau DIY sebenarnya si sesuai selera aja mas, biar gampang dikostum ulang, mending pakai box ukuran 40x40x80 cm. desainnya seperti https://coretan-andikaxp.blogspot.co.id/2016/09/test-dual-sub-12.html tapi ini hanya untuk ukuran sebelahnya atau tepatnya untuk satu subwoofer 12 inch. jika ingin bass yang keras (elektro/dangdut), jorokan kedalam 40-50cm dari depan, jika ingin lebih lembut, dimajukan aja sesuai keinginan

      Delete
    2. tapi dengan catatan, portnya (lobang angin) ga usah ngikutin contoh box yang saya bagikan, cukup 1 atau maksimal 2 port berbentuk bulat aja.

      Delete
  26. Bos mohon pencerahan nih.. Saya pingin buat box subwofer 12 inch pake tipe bass reflex.. Tapi saya mau buat sub aktif. Pertanyaan saya kalo slot dalam yang ke atas di pendekin atau di potong
    dengan maksud biar bisa di masukin panel power subwofer nya gmn ya bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja, yang penting, pastikan kedudukan Powernya kuat biar ga getar2 :D

      Delete
  27. Saya punya subwoofer amerikan boss kok kenapa suara nya kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijelas kan lebih detail mas? misalnya pakai power apa dan dimensi box yang digunakan mungkin.

      Delete
  28. Mau tanya nih. Klw power 10 A murni sanggup gak untuk sepeker 15" merek Blackberry spider 2 buah dan 12" 4 buah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai power apa dan berapa watt? 10A sebaiknya untuk yg 12" aja gan, itu pun belum tentu maksimal, kalau sekedar bunyi sih pasti bunyi, cuma ya asbun dan beresiko pada perangkat powernya

      Delete
  29. Ass.mas
    Mas minta ukuran box 8 inch buat music dangdutan mas
    Speaker murah prestige 8 inch

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum.. saya punya box speaket ukuran 65X45X90 .cocoknya dipasang speaker berapa inch.. trims

    ReplyDelete
  31. Mas mau tanyax kalau ukuran box untk fabulous 12" biar bassnya empuk dan jarak jauh gimana mas

    ReplyDelete
  32. Mas mau tanyax kalau ukuran box untk fabulous 12" biar bassnya empuk dan jarak jauh gimana mas

    ReplyDelete
  33. Tanya kak...
    box pasaran Dimensi 101x40x44cm. isi 12"+12"+Tweeter. rencana sub+full range+Tweeter.
    pake cross over 3way.
    mono pake class d 1200wat,20amp,ct45vac.
    modif biar enak didengar bagaimama kak?
    jenis speaker yg disarankan apa aja? mumpung belum beli semuanya. trims

    ReplyDelete
  34. apakah box model mini scoop cocok untuk sub legacy 12 gan

    ReplyDelete
  35. Misi gan, numpang nanya. saya punya power rakitan TIP bilangnya sekitar 300 w, saat ini saya pake speker dan box nya punya bekas mobil, yang ukuran box nya kecil bentuk trapesium dengan sisi sebelah miring tanpa lubang udara, ya kira kira ukuran lebar ama tingginya 35 cm dan panjang kebelakang yang atas lebih sempit, dengan merk speker BRAXTON 600w masing2 double coil, saya menggunakan impd 8 ohm, suara bass bagus tapi untuk didekat box aja, agak jauh dikit udah ga kedenger, terus sengaja saya kasih lubang angin 1 lubang bulat kira2 2 inc. dah hasilnya suara malah jadi sember, kira2 box seperti apa gan yang cocok untuk jenis speker ini yg basnya kedengar jauh, ?

    ReplyDelete
  36. Misi gan, numpang nanya. saya punya power rakitan TIP bilangnya sekitar 300 w, saat ini saya pake speker dan box nya punya bekas mobil, yang ukuran box nya kecil bentuk trapesium dengan sisi sebelah miring tanpa lubang udara, ya kira kira ukuran lebar ama tingginya 35 cm dan panjang kebelakang yang atas lebih sempit, dengan merk speker BRAXTON 600w masing2 double coil, saya menggunakan impd 8 ohm, suara bass bagus tapi untuk didekat box aja, agak jauh dikit udah ga kedenger, terus sengaja saya kasih lubang angin 1 lubang bulat kira2 2 inc. dah hasilnya suara malah jadi sember, kira2 box seperti apa gan yang cocok untuk jenis speker ini yg basnya kedengar jauh, ?

    ReplyDelete
  37. mas.saya mau tanya kalau speaker 12 in merk JBL.tapi saya bingun mau beli power watt nya berapa kalau maksimal

    ReplyDelete
  38. Saya pki di mobil kok subwoofer ini kuran nendang ya gan...dan box nya se sy beli pinggir jln.apakah karna masih baru apa gimn ya...kt temem seh subwoofer ini bgus( american boss).adakah desain box nya hrs di rubah

    ReplyDelete
  39. Salam,, mau nanya mas.. Boks yang cocok untuk subwofer type SPL kebetulan saya pakai Venom vx6012 tripel magnet, saya pakai boks yang sekarang model labirin, tapi gebukan bass nya kayak mendem gitu.. Ampli saya pakai monoblok CD-3000.d
    Apakah diganti bok yang model kotak dengan lubang udara yang bulat biasa suara bass nya akan lebih keluar gak mas?? Trims

    ReplyDelete
  40. Ada yg jual power nga yg murah aja daerah sidoarjo

    ReplyDelete
  41. Legacy 696-2 ukuran'a brp mas? Rencana mau dibuat stereo. Skema dalam'a ini polos kan?

    ReplyDelete

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.