Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Membuat flashdisk untuk instal ulang Windows tanpa menggunakan software


Ini sebenarnya hanyalah sebuah catatan yang sengaja saya backup ke blog. Kenapa? Ini karena saya hanya memiliki 1 Flasdisk yang saya gunakan untuk semua kegiatan. Instal ulang windows di pakai, Buat transfer file juga pakai. Jadinya ya Flashdisk all in One gitu deh.

Takutnya, jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan dan mengharuskan saya Me-repair atau mungkin menginstal ulang windows, bagaimana?

Jika Laptop ini masih bisa di akses, ya syukur, kalau tidak, bagaimana? Sementara semua rumusnya hanya tersimpan dalam partisi laptop semata.

Oleh karena itu saya mencatat Cara memformat Flashdisk untuk Instal ulang Windows di sini.

  • Colokan Flashdisk yang akan dijadikan bootable windowsnya. (pastikan tidak ada data penting dalam flashdisk ini)
  • Jalankan CMD atau Command Prompt/Prompt Perintah.
  • Ketikan DISKPART dan Enter.
  • Ketikan LIST DISK dan Enter. (Semua disk yang tersambung akan di tampilkan).
  • Ketikan SELECT DISK 2 (perhatikan gambar di bawah, saya mengetikan SELECT DISK 2 karena Flashdisk yang saya gunakan berada pada DISK 2).
  • Ketikan CLEAN dan Enter.
  • Ketikan CREATE PARTITION PRIMARY dan Enter.
  • Ketikan SELECT PARTITION 1 dan Enter.
  • Ketikan ACTIVE dan Enter.
  • Ketikan FORMAT FS=NTFS dan Enter (Tunggu hingga proses format flashdisknya selesai 100%).
  • Jika sudah, Ketikan ASSIGN dan Enter.
  • Terakhir ketikan EXIT untuk keluar dari diskpart.

Semua rekaman aktifitasnya kurang lebih seperti ini,

Membuat flashdisk untuk instal ulang Windows tanpa menggunakan software

Terakhir tinggal salin file instalasi windowsnya ke Flashdisk tersebut dan Flashdisk siap di gunakan untuk media instal ulang. Saya percaya langkah ini lebih jitu ketimbang menggunakan sofware pihak ketiga yang tak jarang hanya akan merusak kemampuan dari flashdisk itu sendiri.

PERINGATAN!!!


Saya tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang mungkin saja terjadi karena mencoba hal ini.
Pastikan kamu menganalisa dengan seksama agar hal-hal yang tidak di inginkan dapat di hindari.

Jangan sampai salah dalam menggunakan diskpart, bisa-bisa disk utama kamu yang terformat. Jadi, berhati-hati lah.

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.