Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Laptop Sering OverHeat dan Mati sendiri? Cek Dulu mungkin komponen ini lah yang menjadi salah satu penyebabnya


Kalau dulu, Saya lah orang yang paling sering mencari pemecahan masalah ini. Cari sana, cari sini, namun hasilnya tetap Nihil. Hingga akhirnya Masalah itu saya pecahkan sendiri.

Solusi umum atau kemungkinan yang terjadi jika Laptop Sering OverHeat dan Mati sendiri adalah, Pasta Prosessor yang sudah kering, Kipas (Fan) yang tidak bekerja normal, Terlalu banyak debu, Mungkin karena pemasangan Heatsink yang kurang tepat atau miring, Pasta yang kurang merata, Hingga kualitas pasta yang kurang baik.

Bahkan ada yang memberi solusi untuk menggunakan CoolingPad. Namun dari hasil pantauan suhu yang saya amati antara laptop yang menggunakan CoolingPad dengan yang tidak menggunakan memang berbeda. Ini bukan berarti menggunakan CoolingPad dapat menurunkan suhu tapi justru malah sebaliknya.

Jadi menurut ke simpulan saya, CoolingPad memang membantu, tapi hanya sekedar membuat sirkulasi udara lebih baik dengan menghiraukan penumpukan debu ke dalam badan Laptop. Dan hal terpenting adalah dengan menggunakan CoolingPad yang menggunakan Power Supply sendiri, bukan seperti yang biasa kita gunakan (Yang masih menggunakan USB).

Kembali ke topik, Semua hal di atas telah di lewati, dan bahkan pasta yang saya gunakan juga bukan pasta murahan. Tapi hasilnya tetap tidak seperti yang saya harapkan. Hingga akhirnya, kecurigaan itu muncul ke Heatsink Prosessor setelah mengamati Mekanisme Cara kerja Heat pipe seperti gambar di bawah ini.

overheat

Pada gambar terlihat jelas kalau dalam Heat pipe ada Rongga untuk udara panas dan dingin. Ini sangat terkait dengan masalah yang saya alami karena Heat pipe Heatsinknya terlihat sedikit tergencet setelah Laptop ini kembali dari tempat servis dulu. Mungkin saja Rongga pendingin terjepit sehingga udara dingin tersebut tidak dapat mengalir dengan baik dan berakibat pada kejadian Overheat karena seluruh Heat pipe di kendalikan oleh udara panas.

Beberapa minggu yang lalu saya telah membeli Heatsink yang baru, dan sekarang kejadian Laptop Sering OverHeat dan Mati sendiri tidak saya temukan lagi. Jadi bisa di simpulkan kalau ini lah salah satu penyebab kenapa Laptop Sering OverHeat dan Mati sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.