Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Yakin Windows di komputer mu Original?


Tahukah kamu kalau sebagian besar perangkat komputer yang di jual itu Non OS alias ga langsung Included sama Operating Systemnya? OS Sebagian besarnya hanya di pasang oleh toko penjual (misalnya toko-toko yang menjual berbagai jenis Laptop/komputer). Bisa Dibilang OS yang di pasang belum tentu Original. Jika di pasang OS original, Otomatis daya beli menurun karena harga untuk satu lisensi saja hingga jutaan rupiah. Tapi ini juga tak bisa di bilang kesalahan orang tokonya saja meskipun sebenarnya ini memang suatu hal yang salah. Tapi ini bisa terjadi dan terus terjadi ketika ada salah satu toko yang memulai. Mau ga mau, yang lain tentu harus mengikuti untuk memenuhi selera pasar dengan target penjualan ekonomis dan tentunya untuk tetap bisa bersaing di baris depan.

Kebanyakan laptop dengan harga 6 atau mungkin 9 juta kebawah di jual tanpa OS. Termasuk Laptop yang saya beli saat ini. Ketika saya membeli dan men-cek di toko penjual, Windows, Office dan beragam sofware sudah tampil di perangkat dan siap untuk di gunakan. Namanya pengguna awam saya belum tahu kalau semua itu sebenarnya bukanlah produk original.

Seiring berjalannya waktu dan saya mulai memahami dunia Komputer, OS dan hal-hal terkait, barulah saya menyadari kalau itu bukanlah produk original. Semua bukti di perkuat ketika saya mengalami masalah dengan Windows. Laptop ini di bawa ketempat servis dan katanya harus di instal ulang. Setelah Instal ulang selesai (OS dan beragam sofware lain termasuk Office) saya hanya di kenakan biaya Rp.30.000,-

Dulu saya berpikir, Perangkat nyala dan bekerja berarti semua pasti Original. Dan pemikiran seperti ini lah yang terus melekat dan berkembang pada pengguna komputer dengan produk Micosoft hingga saat ini.

Pernah ada seseorang yang mungkin bisa di katakan agak sedikit pamer akan Laptop baru yang baru di belinya. Dia bilang baru beli Laptop seharga 3 jutaan dengan Windows 8 pro dan Office profesional plus 2013nya Original. Saya bilang itu ga mungkin Original karena yang saya tahu Uang sebesar 3 juta itu hanya untuk beli Laptopnya saja dan masih belum cukup untuk membeli Windows, Office dan sofware lainnya. Namun dia tetap bersikeras, semua ini Asli. Ini "Windows Pabrikan" katanya.

Mungkin dia ga tahu kalau Office profesional plus 2013 di jual sekitar 6 jutaan, untuk 1 paket Office, dapat beli 2 laptop seperti yang di milikinya.

Kalau laptop Saya jelas pake Os Original meskipun harganya dibawah 4 jutaan. Kenapa Saya bisa bilang Original? Ini karena Aslinya Laptop Saya Ber-Os Linux. Sementara kamu tahu sendiri kalau Os Linux benar-benar Gratis. Terlebih pada paket pembelian disertakan DVD Driver yang kompatibel dengan Windows serta Driver yang di rancang khusus untuk Linux termasuk file instalasi OS Linux itu sendiri. Bisa jadi untuk menarik minat pasar, Toko penjual mengubah Os nya ke Windows biar lebih mudah lakunya.

Untuk sekarang, cukup sulit membedakan mana Windows Original, mana yang bajakan. Jika pun ingin membeli DVD instalan dengan maksud ingin pakai serial asli, sebaiknya kamu juga harus berhati-hati dalam membeli. Belilah DVDnya di toko resmi. Dan kalau bisa pilih yang Retail ya.

Selain itu kamu juga harus tahu kalau DVD yang di jual terkadang juga bisa bajakan. Jangan tertarik dengan harga murah karena itu belum tentu asli, biasanya yang bajakan di jual lebih murah dan bahkan ada yang di jual dengan harga yang hampir sama dengan yang aslinya. Jadi sebelum membeli, carilah informasi sebanyak-banyaknya agar ga merugi di kemudian hari. Biasanya, kepingan DVD bajakan masih belum mampu membubuhkan beberapa 'identitas' kepingan asli berupa hologram yang menyatu di tepi luar dan dalam CD.

Nah, jelas sekarang kalau Laptop yang di sisipkan Windows Ori pada paket penjualan (tidak temasuk Office. jika termasuk office, rata-rata berstatus Trial) biasanya di kasih serial aktivasi yang bisa di temukan di bagian bawah Laptop. Kalau serialnya udah di tanam di Bios, Otomatis Windows akan langsung aktif saat terhubung ke internet (ini hanya berlaku jika kamu menginstal OS yang terkait dengan serial tersebut) Misalnya: serial yang di tanam untuk windows 7, maka windows akan aktif setelah terhubung ke internet jika OS yang kamu instal tersebut Windows 7. Biasanya sih ini berlaku pada Windows edisi SL (Single Language).

Nah, Jika ada kesalahan dalam penulisannya, harap koreksinya ya!

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.