Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Menambahkan AM-PM ke dalam format jam bahasa Indonesia


Kebetulan beberapa hari yang lalu saya browsing ga menentu dan akhirnya nyasar pada sebuah blog yang ngebahas tentang cara seperti judul yang telah saya tulis di atas.

Di sana di jelaskan jika ingin menambahkan AM/PM, kita harus mengedit registry (regedit). Hhah... Main registry segala... :lol: Maka dari itu saya mencoba hasil keisengan ini dengan cara yang jauh lebih mudah dan minim resiko.

Sebelumnya saya minta maaf jika telah ada yang membahasnya. Saya menulis ini hanya berdasarkan hasil coba-coba dan belum menemukan trik yang sama di google search.

Ahh.. jadi kebanyakan opening segala ni...

am pm

Sebenarnya, cara nambahin AM/PM itu sangatlah mudah,

Pertama masuk ke mengubah pengaturan tanggal dan waktu » mengubah tanggal dan jam » ubah pengaturan kalender » pada kolom Sesuaikan format, pilih tab Waktu.

Pada kolom waktu pendek, defaultnya kan H:mm, sekarang tambahkan tt setelah H:mm secara manual (langsung ketik di keyboard). nanti akan seperti ini H:mm tt. perlu di perhatikan, H adalah format jam, namun H (besar) dan h (kecil) memiliki nilai yang berbeda. H (besar) untuk waktu 24 format jam dan h (kecil) untuk format waktu 12 jam. jadi silahkan di pilih sendiri. jadi jika ingin format waktu 12 jam dengan AM/PM cukup ketik h:mm tt.

Kemudian pergi ke kolom seleksi Simbol AM dan pilih AM. lakukan juga pada Simbol PM

Nanti akan seperti ini,

am pm

*Contoh ini untuk format waktu 12 jam.

Sekarang terapkan dan lihat hasilnya.

Namun tidak hanya sampai di situ, pada kolom seleksi kosong (simbol AM/PM), kamu bisa menambahkan kata-kata sendiri dengan langsung mengetiknya menggunakan keyboard. contoh pada kolom simbol AM ketikan MALAM dan pada kolom simbol PM ketikan SIANG. Terserah deh mau ngetik apa.

Kalau masih kurang paham, silahkan simak video di bawah ini.


Yang jelas, ini jauh lebih mudah dan aman ketimbang mengedit Registry yang jelas-jelas sangat sukar di lakukan oleh pemula. contohnya ya seperti saya ini! :p

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.