Maaf... Blog ini Hiatus dulu untuk waktu yang belum dapat ditentukan!

Beda laman dan laman postingan


Apakah kamu sudah tahu beda laman dan laman postingan? Dari hasil analisa saya, banyak penulis yang memilih untuk menggunakan Laman di bandingan laman postingan.

Alasannya beragam, mulai dari artikel pengisi laman tersebut adalah artikel hasil jarahan, Ada juga dengan alasan agar pengunjung tidak tahu kapan artikel tersebut di terbitkan dan ada juga alasan agar urlnya lebih rapi.

Tapi menurut saya, mungkin akan lebih baik jika laman di manfaatkan untuk halaman tertentu dan bukan untuk media postingan. Misalnya saja, laman di buat untuk mengulas tentang blog, daftar isi, buku tamu, tentang penulis dan laman sejenis.

Percaya atau tidak, jika kita mencadangkan atau membackup blog, kemungkinan jumlah laman yang ikut terbackup hanya sekitar 20 laman saja. Bayangkan jika semua artikel blog kamu di buat dalam bentuk laman. Anggap saja hari ini kamu sudah membackup, tiba-tiba saja blog kamu di banned karena menjarah, saat kamu mengupload kembali backupkan blog ke blog yang baru, bisa di pastikan, laman yang di kembalikan hanya beberapa laman saja.

Ini adalah pengalaman saya sendiri. Tapi ini terjadi bukan karena artikel saya adalah hasil jarahan ya!

Ceritanya, Saya adalah orang yang paling sering dan suka sekali menganti-ganti alamat blog. Jika bosan, blog tersebut saya hapus dan saya akan membuat blog yang baru. Suatu ketika, saya mencoba meracik font icon yang kala itu lagi hangat-hangatnya. Karena banyak dan tak ingin mencampur postingan tersebut dengan postingan utama, saya memutuskan untuk membuat artikel khusus font tersebut pada laman dan bukan laman postingan.

Karena bosan, blog saya backup dan hapus. Setelah membuat blog baru, semua postingan saya upload kembali ke blog yang baru. Hasilnya? dari 200 lebih laman, yang tersedia hanya 20 laman saja...

Inilah alasan kenapa sebagian orang lebih memilih laman di banding laman postingan.

Contoh url dari laman postingan coretan-andikaxp.blogspot.com/2012/08/url.html. Keterangan, coretan-andikaxp.blogspot.com/tahun/bulan/url yang diambil otomatis dari judul postingan dan bisa di edit sesuai keinginan.html

Contoh url dari laman coretan-andikaxp.blogspot.com/p/about.html. Kamu bisa melihat, tidak ada tahun dan bulan yang di sisipkan kedalam urlnya. Disini hanya terselip huruf p atau page yang mengindikasikan kalau laman ini adalah laman dan bukan laman postingan.

Jika kita perhatikan, laman postingan lebih cepat terindex di mesin pencarian dan pasti di index di bandingkan laman.

0 komentar:

Post a Comment

Kolom komentar tersedia hanya untuk diskusi dan bukan sarana untuk promosi.
Komentar menggunakan media sosial seperti Facebook dan lain-lain sengaja di nonaktifkan karena sering di salahgunakan.
Mohon untuk tidak menyisipkan link promosi pada kolom komentar.